OTW Berfaedah (Wisata Religi Kapal Bosok)


Selamat, siang atau malam. Semoga kita selalu selamat, h3h3.




Kalau bicara tentang pahala, sebagai hamba yang taat tentu kita ingin mendapatkannya dengan senantiasa beribadah kepada Allah. Namun, mendapat pahala tentu bisa dilakukan dengan selain sholat dan menjalankan rukun islam lainnya. Senyum, menolong orang lain tentunya sudah sangat kita ketahui sebagai salah satu contohnya tapi taukah ada hal lain yang bisa kita lakukan, yaaay hal itu adalah jalan-jalan.

Jalan-jalan yang seperti apa? Atau jalan-jalan kemana?

Tentunya jalan-jalan yang diridhoi oleh Allah, salah satunya berkunjung ke tempat penziarahan unik kapal bosok yang berada di Serang, Banten lebih tepatnya di Kelurahan Curugmanis, Kota Serang. Jika kita dari arah Jakarta untuk sampai ke wisata religi ini kita bisa melalui jalan Nyapah-Ciruas, belok kiri di perempatan ciruas setelah itu terus saja sampai bertemu Alfamart di kampung Nyapah, Ciruas tepat disebrang jalan belok kanan dan bertemu kantor kecamatan Curug. Lokasinya memang sedikit masuk keperkampungan sehingga teman-teman bisa bertanya pada warga sekitar agar tidak tersesat yaa.

Kapal bosok ini adalah sebuah masjid yang berasal dari bangkai kapal yang membusuk itu mengapa dinamakan Kapal Bosok. Masjid Kapal Bosok sendiri dibangun oleh 17 santri pesantren Darul Salam yang kurang lebih menghabiskan waktu selama 4 tahun. Sekarang, Masjid Kapal Bosok sudah menjelma menjadi wisata religi, pedagang memadati lahan sebelah kiri Kapal Bosok dengan berbagai jajanan dan oleh-oleh khas Banten, mainan anak-anak hasil kreativitas warga sekitar, jadi untuk ibu bapak harus siapkan uang yang banyak kalau membawa anak-anaknya ke Kapal Bosok ya, hehe..

Selain itu terdapat banyak saung-saung yang disediakan di sekitar Kapal yang diperuntukkan untuk pengunjung sebagai tempat istirahat seraya menikmati pemandangan Kapal Bosok yang dikelilingi area pesawahan. Selain itu fasilitas toilet yang tak hanya satu tempat dan masjid yang disediakan khusus untuk wanitapun ada, jadi kita tidak hanya bisa berdzikir dan sholat di Kapal Bosoknya saja tapi ada beberapa mushola yang disediakan.

Masjid ini menurut saya sangat unik, bahkan bisa dibilang hanya ada satu di dunia. Dan tidak hanya bentuknya saja yang unik namun juga kisah dibalik berdirinya Masjid Kapal Bosok ini. Awal mula kapal bosok ini terjadi pada sekitar abad ke-16 ketika Belanda bersandar di Pelabuhan Karangantu, Serang. Namun ada seorang lelaki bernama Ki Angga Derpa yang menentang kedatangan Belanda tersebut karena tahu tujuan buruk Belanda yang ingin mengambil dokumen dan kekayaan Banten.

Menurut salah satu masyarakat di sekitar Masjid Kapal Bosok, saat itu Ki Angga membuat Belanda kocar-kacir dengan mencabut pohon beringin yang di berisi dua buah tempurung yang berisi 2 macan. Karena tidak terima dengan perlakuan Ki Angga Derpa, Belanda pun ingin membalas dendam dan menemukan Ki Angga di Aon yang sekarang merupakan lingkungan dari Kapal Bosok itu sendiri. Ki Anggapun dihukum di dalam kapal dan ditinggalkan oleh Belanda bersama dokumen dan lainnya.

Meski setelah itu Belanda kembali dan tidak menemukan kapal yang hilang bersama Ki Angga Derpa yang terbawa air laut. Kebenaran cerita tersebut dibuktikan dengan para santri yang menemukan batu karang laut disekitaran masjid ketika membangun. Selain itu ada besi dan patok kapal bekas.

Di sekitar Masjid Kapal Bosok inipun terdapat makam Ki Angga Derpa, yang selalu ramai oleh penziarah dari berbagai daerah, yaa sebagai salah satu cara menghargai jasa Ki Angga Derpa yang mempertahankan salah satu daerah yang merupakan bagian dari Indonesia kita sudah sepantasnya mendoakan beliau yang menurut Kyai Muhammad Nur beliau adalah jagoan heroik dalam perlawan VOC di abad 17 semoga apa yang beliau lakukan menjadi amal ibadah untuk beliau. Amiien Allahuma Amiien.

Tak jauh dari makam beliaupun terdapat air yang disimpan di dalam kendi, biasanya pengunjung mencuci muka dan berwudhu di air tersebut, yaa saat itu saya juga membasuh wajah saya dengan air di kendi kecil yang menempel dengan tanah di bawah pohon tersebut, segar sekali rasanya setelah naik motor di siang hari. Sebenarnya untuk legenda kapal bosok sendiri, mempunyai berbagai versi, wallahu a lam bishawab. Yang pasti masjid tersebut memang memberi kemaslahatan, selain menjadi wisata religi kapal bosok juga menjadi lahan pekerjaan untuk masyarakat sekitar.  J




Untukmu yang menatap lekat kata, penulis yang baik adalah pembaca.
Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "OTW Berfaedah (Wisata Religi Kapal Bosok)"

Post a Comment