#KKN13

Minggu, 4 Agustus 2019

Bangun pagi ku terus mandi, tidak tidak bukan mandi, tapi menulis. Ah, kacau sudah lagu yang ingin ku nyanyikan pagi ini. Aku membuat kesepakatan dengan diri sendiri, kan ku tulis semua cerita selama pengabdianku di sini. Sebagai ajang mengenang suatu hari, sebagai proses mengingat lagi karna beberapa tulisan aku buat selepas hari-hari telah terlewati. Iya, tak semua tulisanku selesai hari itu juga, bahkan terkadang lepas 1 minggu aku tak menulis seperti hari ini. Dengan segala kesibukan, serta kemalasanku h3h3, maka ku tulis sekedar outline pada draft blogku. 

Pagi ini, sebut saja begitu. Aku membantu memasak, aku belum bisa memasak dengan baik jadi tak pernah berani memasak seorang diri. Masakan untuk umat, aku tak ingin membuat mereka sakit perut. Selepas memasak ada Alin dan Royan yang hendak mengikuti perlombaan TPA/TPQ di kecamatan, datang setiap hari untuk disimak bacaannya. Lomba tahfidz dan tartil yang dimentori Mbak Indri dan Mbak Lita, sesekali aku membantu seperti hari ini, Mbak Indri sedang tidak enak badan maka ku gantikan posisinya, meski pada akhirnya ia tetap mementori juga selepas aku. 

Alin mengaji dengan baik, seperti anak-anak lain di Desa ini, meski ia tampak lebih lancar dibanding yang lainnya. Ibu-ibunya juga kerap melakukan pengajian, setiap pekannya bisa sampai 3-4x di tempat dan kelompok berbeda. Jam 1 siang ini agendanya di dusun 4, kami berangkat 4 orang menjadi perwakilan, 5 orang lainnya pergi pengajian ke tempat yang berbeda. 

Seperti biasa tujuan kami datang adalah untuk membantu. Membantu mempersiapkan makan, hingga ritual terakhir cuci piring. Ya, kuliah kerja ngebabu, mungkin lebih tepat. Di tengah-tengah kegiatan makan-makan kami disuguhi es teh padahal kondisi kami sedang terkena sakit secara merata, dan yeah hebatnya aku menghabiskan dua gelas karna tak enak hati dibuatkan hingga dua kali hingga hasilnya sakit kepala selepas pulang dari pengajian. 

Ku habiskan waktu 2 jam untuk tidur, meringankan kepalaku yang berat. Sore ini agendanya adalah senam, seperti biasa aku tak pernah jelas melakukan gerakkan hingga ku putuskan pergi membeli bakso bakar bersama anak bimbelku naik sepeda. 

Malam harinya kami isi dengan rapat berisi keluhan masing-masing, atau evaluasi. Banyak yang ku keluhkan, jujur saja. Tapi aku malas menjabarkannya, suatu ketika aku mengeluhkan ini semua pada An, jawabannya sederhana namun melekat, ku ingat ketika lelah.
"Anggap saja sebagai cari pengalaman, lakukan saja sebagai bentuk ibadah"

Rapat keluhan kami belum usai, ada tamu yang datang. Siapa lagi kalau bukan Pak RT, tapi kali ini tidak datang sendiri, ia bersama Pak Eko, bapak dari Alin yang merupakan seorang bayan. Beliau memberikan info tentang sosialisasi serviks yang akan dilakukan, aku dan ferdiana pindah lokasi, mengerjakan proposal dan pidato untuk perlombaan yang diadakan KUA di kecamatan, hingga jam 1 malam proposal kami baru usai. 

Jujur saja ini melelahkan, tapi seperti kata An, semoga ini menjadi sebuah ibadah bagiku.

Related Posts:

1 Response to "#KKN13"

  1. numpang promote ya min ^^
    Ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete