#KKN17

Kamis, 8 Agustus 2019

Hari ini hari sabtu, rencana ke Kemenagpun tak jadi. Selain H-1 lebaran idul adha, hari ini juga pasti kantor pemda libur, tak masuk kerja. Hari ini tak ada cerita, maka aku ingin menceritakan hal-hal yang mungkin sebenarnya tidak berguna.

Aku ingin membahas permasalahan-permasalahan yang timbul setelah dua pekan berumah tangga bersama mereka. Berikut pemasalahan yang aku rasakan, meski aku tau dari kita pasti mengalami pengalaman yang berbeda..

1. Jadwal Piket

Yah, bukan hanya di sekolah dan rumah kos yang jadwal piketnya tidak teratur. Di poskopun aku mengalaminya, beberapa orang rajin dan beberapa orang kebanyakan berleha-leha. Ada peraturan yang telah dilanggar, jadwal adalah janji, tanggung jawab, dan kesepakatan yang disepakati secara sadar. Tapi sayangnya, beberapa orang tidak juga sadar meski namanya telah tertulis jelas oleh tinta yang kami tempel besar-besar di sebelah cermin.

Malas, tidak mau mengerjakan apapun, tidak peka terhadap kesusahan orang, mungkin sudah mereka (sipemalas) lakukan di rumah atau kos selama ini hingga melekat dalam diri, itu memang tak mampu diubah sebentar, perlu ada nasihat-nasihat yang bisa didengar, atau bahkan hingga teguran. Aku pernah ada diposisi malas, lalu beberapa orang menyadarkan. Maka ku sadari bahwa orang-orang yang malas, suatu ketika akan berada diposisi yang menegur mereka.

2. Cinlok

Cinta selalu mendominasi setiap cerita, entah itu di mana latar belakang tempatnya. Rumah sakit, cerita cinta antara pasien dan dokter. Di sekolah karna belajar diorganisasi yang sama, atau bahkan di jalan karna tak sengaja menabrak seperti sinetron Indonesia kebanyakan.

Pun, di posko kami. Sadar tidak sadar, meski semua diam, tapi rasa tak mampu ditutupi dengan kalimat "Tidak, kami hanya sebatas teman" Tidak, kalian tidak bisa menutupi bahasa tubuh kalian. Perhatian dan kepedulian natural terlontar dalam diri ini tidak bisa dicegah.

Cinlok ini kenapa saya masukan menjadi salah satu permasalahan? Yaps, mari kita jabarkan secara jelas. Apakah definisi masalah itu sendiri?

Menurut KBBI masalah adalah sesuatu hal yang harus diselesaikan. Kenapa cinlok antara dua sepasang teman KKN harus diselesaikan?
Bukan, bukan cintanya. Tapi adalah sikap mereka harus diselesaikan, alias disudahi. Beberapa omongan warga mulai tidak enak didengar perihal dua insan yang bersama kemanapun mereka pergi, itulah kenapa cinlok dalam kasus ini menjadi permasalahan. Kami tak pernah mempermasalahkan perasaan mereka, itu adalah hak setiap orang untuk mencintai siapapun, tapi mengganggu kemaslahatan semua pihak karna cinta lokasi mereka itu tidak bisa dibenarkan.

KKN ini mesti banyak pencitraan di depan masyarakat agar tidak menjelek-jelekkan kampus, pahamilah itu. Sebenarnya bukan pencitraan, hanya berperilaku sebaik mungkin agar diterima. Ah, itu pencitraan baiklah..

3. Miskomunikasi

Ini pasti kerap terjadi di manapun kita berada, tapi permasalahan miskomunikasi kami ini lumayan unik. Bukan antara kami dan Desa, atau warga sekitar. Tapi antara suami-isteri kepala desa. h4h4

Iya, begitulah. Istri dari kades tempat kami mengabdi cukup banyak ikut campur dalam agenda-agenda kami, ia merasa bahwa kami tidak melibatkan Desa padahal kami sudah ada pembicaraan formal dengan suaminya. Yups, itulah miskomunikasi antara mereka berdua yang dampaknya kepada kami semua. h3h3

Yaa, setidaknya itulah permasalahan yang kami hadapi sejauh ini. Hmm, yang aku rasakan maksudku. Mungkin meski tinggal dalam satu atap, permasalahan kami tiap orangnya berbeda. Masalah terbesar diri pribadiku sendiri hanyalah, aku tidak suka di Posko terlalu mengandalkan beberapa orang. :)

Entahlah.. aku suka dilibatkan sih tapi tidak suka terlalu diandalkan hingga apa-apa hanya orangnya itu-itu saja. Bagaimana dengan yang lain? harusnya mereka layak mendapatkan pengalaman. Seperti hari ini, ku biarkan menolak tawaran MC, membuka peluang untuk yang lain maju ke depan, buktinya adakan? mereka hanya perlu diberi ruang sepertinya untuk berkembang.

Hari ke-17, sudah hampir 3 minggu di sini. Semoga permasalahan tidak bertambah lagi. :)

Related Posts:

1 Response to "#KKN17"

  1. numpang promote ya min ^^
    Ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete