#KKN5

Sabtu, 27 Juli 2019

Cerita hari ini mungkin akan terkesan singkat, mungkin. Tak banyak kegiatan hari ini bahkan hingga adzan dzuhur menjelang, kecuali rutinitas yang berlangsung seperti mengajar. Akhirnya ketika matahari telah meneduh dibalik awan, kami diajak berkeliling kampung bersama Pak RT. Seorang lelaki berusia 45 tahunan yang menjadi figur bapak untuk kami selama di sini. Beliau adalah mata angin kami yang buta arah. 

Kendaraan berupa motor yang kami bawapun hasil bantuannya meminjam pada Pak Kaur dan beberapa warga. Aku membonceng Mbak Lita, kalian tentu masih ingat siapa beliau, gadis lembut Jawa yang pernah aku ceritakan. 

Tujuan pertama kami adalah menyambangi ibu-ibu pakar senam di desa ini agar kegiatan senam yang telah lama vakum bisa berjalan kembali. Ada dua ibu-ibu yang mengaku baru saja senam bersama 2 lainnya. Totalnya 4 orang, baru saja katanya. Setelah sepakat senam akan diadakan satu minggu sekali setiap hari minggu maka kami pun melanjutkan perjalanan keliling kampung dengan target yang telah dirancang. 

Tujuan kedua kami adalah rumah Kepala Dusun, seorang anggota masyarakat yang ta'at tak mau menjabat tangan siapapun yang bukan mahromnya. Beliau punya 4 orang anak, yang dua di antaranya masih sangat lucu.  

Keliling desa kali inipun kami tutup dengan pulang ke balai desa lalu pergi kembali ke rumah Pak Kaur untuk mendengarkan musik keroncong. Tidak terlalu lama, aku mudah bosan. Maka ku putuskan kembali ke balai desa duluan, dan diikuti beberapa orang. Sisanya kami menghabiskan dengan main ludo dengan 6 pemain. Seperti biasa, seperti yang Fachri bilang saat permainan, fokusku bukanlah menang tapi menyenggol lawan. Sebab semakin banyak menyenggol semakin banyak pula peluang kita untuk mencoret wajah lawan dengan bedak yang telah disediakan. 

Tawa yang tergambar jelas pada tiap wajah, coretan yang memenuhi wajah meski tak menjamin kalah. Ku tatap bergiliran tawa lepas mereka, selepas 40 hari ke depan, mungkin hal sederhana ini akan ku rindukan. 

Related Posts:

0 Response to "#KKN5"

Post a Comment