#KKN19

Sabtu, 10 Agustus 2019

Aku suka angka 10, bukan hanya saling melengkapi karna berbeda tapi juga menggenapi sebab mereka sama. 

Angka 10 berlaku untuk banyak hal. Seperti anggota di posko yang saling menutupi kekurangan satu dan lainnya. Tentang sepasang kekasih halal yang saling menggenggam atas perbedaan karakter namun satu tujuan. Seperti seorang sahabat, semisal aku dan Alan.

Aku jarang menceritakannya, pada tulisan-tulisanku di sini justru tak pernah. Aku mengenal Alan kali pertama di Ma'had tempat kami belajar, tidak hanya ilmu agama tapi banyak keterampilan lainnya.

Alan, seorang penghafal Qur'an yang tak bisa ditebak dari penampilan luarnya. Gadis berhijab dengan gayanya yang pecicilan, sasaran empuk bagi pengurus untuk memberikan hukuman. 

Aku tak pernah satu ruang yang sama dengan Alan untuk berbagi tempat tidur, tapi kami dekat sebab kerap dibimbing di halaqah yang sama. 

Sebagai teman, ia memang tak selalu berperilaku menyenangkan. Aku juga sama sebagai teman, kerap membuatnya kesal. Beberapa sikap yang tak ku suka adalah Alan kerap tak bisa menyesuaikan diri dengan keadaan yang ada. Ia kerap tak bisa mengontrol suara, dan kadang tak bisa menanggapi orang lain ketika bicara.

Tapi, Alan baik dengan segala kurangnya. Semuanya jadi tertutupi sebab ia adalah sahabatku yang bisa bangkit ketika diingatkan.

Aku yang keras kepala juga kerap tak mampu mengerti kondisinya. Tapi, kami masih bersama mendekati angka 3 tahun ini.

Alan menyambangi poskoku hari ini, jarak yang tak dekat ia tempuh dari poskonya hingga sampai sore hari ketika aku sedang memasak jamur crispy. 

Ia datang bersama seseorang yang baru saja ku kenal darinya. Satu-satunya teman satu posko yang lebih mengertinya dibanding yang lain.

Ku dengar, kelompok KKN mereka tak memiliki program kerja apapun. Kegiatan mereka hanya tidur dan bermain. Alan beberapa kali mengajukan program kerja, tapi justru tanggapan anggota lain adalah menolak dengan alasan tugas mereka di sana bukankah hanya untuk mencari nilai.

Kali pertama, Alan membuat proposal sendiri. Mengajukan pengadaan Al-Qur'an untuk masjid di Desanya mengabdi ke Kemenag. Kawan-kawannya hanya tertawa riang ketika proposal itu mendapat sambutan yang baik, yaitu acc. Tapi itu tak merubah apapun, semangat mereka tak tergerak sebab apa yang tlah Alan lakukan. 

Hingga kedatangannya ke posko ini adalah untuk bercerita keluh kesahnya. Merasa malu atas perilaku teman-temannya yang di antaranya berkaraoke ketika adzan maghrib menggema.

Tak ada program kerja, tak menjaga etika. Dan terjadinya pertengkaran antara berbeda suku anggota di posko. Lampung dan Jawa, berdebat perihal kelebihan masing-masing suku mereka hingga menimbulkan petaka. Melibatkan banyak orang termasuk keluarga mereka. 

Alan berkeluh kesah, atas kesadaran teman KKN nya yang sulit didapatkan. Atas program kerja yang jangankan ingin ditunaikan, dirancangpun tak pernah dilakukan.

Alan, aku, dan teman KKN Alan penuh kekurangan. Semoga Allah memberi kami hidayah atas segala kesalahan yang kami lakukan.


Related Posts:

1 Response to "#KKN19"

  1. numpang promote ya min ^^
    Ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete