#KKN23


Rabu, 14 Agustus 2019

Sudah beberapa kali saya menemuinya, sudah beberapa kali juga kami tidak mendapatkan hasil apa-apa. Dan ini kali pertama saya dimaki-maki orang selepas 20 hari lebih tinggal di sini. Siapa orangnya? tentu saja orang yang saya sulit temui. Hmm, sebenarnya bukan dia yang hendak saya temui, tapi suaminya. Tapi, perempuan setengah baya ini selalu ikut campur dalam pekerjaan suaminya. Kalian ingat cerita tentang miskomunikasi suami-istri yang pernah ku tulis? Iya, aku sedang membicarakan mereka. 

Pagi ini selepas mendatangi rumahnya yang tak ingin kami datangi untuk meminta izin perayaan 17 agustus, tak ada senyum yang bisa kami sapa hingga membuat kami pulang kembali ke Posko tanpa menghasilkan apapun, padahal yang kami minta bukanlah hal berat seperti UANG, kami hanya minta tanda tangan persetujuan tuk sekedar menghargai kades Desa ini, serta berupa undangan agar beliau membuka acaranya. Dana lebih dari 5jt disponsori oleh musik keroncong di sini, beliau selalu kades tidak sama sekali. 

Tak mengeluarkan biaya, tak memberi kami waktu untuk bertemu, dan naasnya selepas pulang dari rumahnya, ibu kades istri dari bapak kades mendatangi kami di Posko. Seperti yang sudah ku bilang, ia ingin memaki-maki kami, dan sialnya yang di depan wajahnya adalah aku. Maka jadilah aku dimaki-maki tanpa diberi waktu bicara, selepas dia selesai dengan kalimatnya, ku hantam ia dengan sebuah kalimat yang membuatnya semakin naik darah, pergi dari posko kami sembari mengatakan akan membuat perayaan 17 agustus pada tgl 18 seorang diri.

Kalian tau, sebenarnya masalahnya sederhana. Bu kades yang datang itu tidak tau bahwa kami sudah menyodorkan surat izin beserta proposal kegiatan kepada Pak Kades. Jelasnya ia tidak setuju kegiatan diadakan pada hari H 17 agustus, dikarnakan tgl tersebut ia upacara. Kemarahannya beralasan sebab ia tidak bisa datang, dan ia ingin dari anak-anak KKN mengiringnya ke Kecamatan, sederhana bukan? masih bisa dikomunikasikan. Tapi sayangnya ia tidak cakap dalam berargumentasi, tak mampu membedakan memberi info, saran, dan memaki. 

Tetangga di sebelah kanan Posko kamipun, Bu Wiwi. Mengintip di balik kamarnya, lalu siang harinya bertanya kenapa Ibu Lurah marah-marah di Posko kami. Ah, lihatlah bahkan orang lain melihatnya demikian, sedang Ibu Lurah selepas itu mengatakan hanya memberi info ketika banyak pihak yang terlibat membela kami. 2019, apakah cara memberi info orang zaman sekarang seperti itu?


Baiklah abaikan Bu Lurah yang membuatku kesal, agenda hari ini adalah menyebar pamflet 17 agustus. Aku yang mendesainnya, untuk kali pertama tentunya. Tidak seperti editor kebanyakan, menggunakan aplikasi yang terkenal. Aku hanya menggunakan photogrid untuk mengedit, nanti ku jelaskan. Untuk gambar, bisa aku pamerkan. 

5 Dusun di Desa ini ku kelilingi bersama Pak RT yang berboncengan dengan Sherly, serta dengan Cahya yang memboncengku. Menemui satu-persatu warga yang kami temui, lalu basa-basi memberi tau tulisan yang seharusnya bisa mereka baca tapi masih bertanya, KERTASSS APANICCCCCCC.

Menyebar pamflet melelahkan, ah tidak. Lebih melelahkan dimaki-maki tanpa alasan, apalagi belum sempat melupakan raut wajah Bu Kades, anak-anak kesayangannya yang mengaku Youtuber dari entah Dusun berapa menyambangi kami. Tanpa alasan jelas, padahal sudah aku ingatkan melalui pembicaraan ditelpon yang kami lakukan bahwa di Posko tak ada orang, dan ia mengiyakan kalimatku,

Tapi bodohnya mereka tetap datang ke Posko, lebih dari 15 orang. Untuk apa? entah tidak tau, hanya untuk memberi tau bahwa mereka Youtuber, itu saja. Meminta kami menjadi figuran, seperti hormat pada bendera, atau mengeruk tanah, menjadi guntingan kunci, atau kertas minyak untuk dilipat jadi bendera. 
Hoy, hari ke-23. Aku tidak tau mesti berkata apa. 

Related Posts:

1 Response to "#KKN23"

  1. numpang promote ya min ^^
    Ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete