#KKN26


SDM UNGGUL 
INDONESIA MAJU

Dirgahayu Republik Indonesia ke-74

Tidak bisa dipungkiri, setidak-tidak cintanya seseorang terhadap Indonesia, 17 Agustus selalu jadi momen penting yang ditunggu-tunggu. Makan kerupuk yang digantung, loncat-loncat di atas karung tentu jadi perlombaan yang sangat ingin diikuti bukan? 

Perlombaan yang hanya bisa diikuti setahun sekali, rasanya sangat jika mesti terlewatkan. Seperti di Lapangan SDN 1 Wonokarto hari ini. Kami menggelar sebuah perayaan sederhana, melibatkan 5 Dusun dari Desa ini. 

Perlombaan yang kami sediakan untuk semua usia. Mulai dari bapak-bapak dengan panjat pinang, tarik tambang, dan bola daster. Ibu-ibu dengan perlombaan estafet sarung, membuat ketupat, dan joged balon. Serta anak-anak dengan balap karung, ambil koin, dan makan kerupuk.

Semua biaya penyelenggaraan ini ditanggung oleh pemuda Desa yang tergabung dalam grup keroncong. Sebuah grup yang khas dengan lagu-lagu yang berasal dari portugis, diperkenalkan oleh pelaut dan budak kapal niaga sejak abad ke-16. Dari daratan India, Malaka adalah tempat pertama kali musik ini masuk dan dimainkan oleh para budak di Maluku hingga menyebar ke seluuh pelosok negeri. Keroncong yang sudah sangat jarang menurut para anggotanya membuat grup ini menjadi satu-satunya di daerah ini. 

Menurut Mas Yogi, salah satu anggota yang memainkan ukulele meski memiliki suara yang menurut Pak Arief selaku tetua grup musik keroncong ini lebih bagus dari vokalisnya. Ia mengatakan bahwa musik keroncong itu musik yang paling enak didengarkan, namun memainkannya tidak mudah. Seorang pemain harus benar-benar memahami alat yang ia pegang, seperti halnya ia. Ia memainkan ukulele meski lebih cocok menjadi vokalis karna tidak ada pemain lain yang bisa memainkannya. 

Acara hari ini berjalan seindah alunan musik keroncong itu sendiri. Yang menarik perhatianku juga ada satu orang anak kecil bernama Putra, dengan semangat mengikuti semua perlombaan dan lucunya tak pernah memperhatikan ketika namanya dipanggil hingga berulang kali kembali kepadaku menanyakan padaku kapan gilirannya. Namun cerita Putra hari ini berakhir bahagia, ia memenangkan juara ketiga lomba mengambil koin di semangka. 

Hari ini begitu terik, mukaku langsung menjadi dua warna. Belang, karna kerudung yang melekat tanpa niqab. Hari ini MC nya adalah Pak Nimin, MC paling fenomenal Se-Wonokarto. Aku sesekali membantunya menjelaskan perlombaan. Kami memulai perayaan HUT RI dengan senam bersama, lalu melanjutkannya dengan perlombaan ibu-ibu. 

Beberapa anak kecil tampak berlarian dan mengerumungi pedagang, menanti waktu giliran berlomba. Ibu-ibunya juga ada yang berlarian, menahan anaknya agar tidak jajan terus-terusan. Akupun ikut berlarian, memastikan seluruh perlombaan berjalan. 



HUT RI Ke-74, sepertinya kerupuk yang menggantung pada tali perlombaan terlihat enak.

Related Posts:

1 Response to "#KKN26"

  1. numpang promote ya min ^^
    Ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete