#KKN29

Selasa, 20 Agustus 2019

H-1 genap 30 hari KKN, dan ini kali pertama aku ingin menceritakan hal baru yang tidak ku tulis ditulisan sebelumnya, mungkin aku pernah menyinggung sedikit, aku lupa. 

Malam ini kami mendapat undangan dari Masjid Al-Fattah, anak-anak terbaik Desa Wonokarto salah satunya berasal dari Masjid sekaligus memiliki TPA ini dengan nama yang sama TPA Al-Fattah. Perwakilan lomba yang sempat diadakan oleh KUA Sekampungpun dua orang kami kirimkan dari TPA ini. Membaca Al-Qur'an lebih baik dibanding yang lain membuat Alin dan Royyan berhak mewakili Desa. 

Undangan malam ini berupa pertunjukkan pentas seni, mulai dari sambung ayat hingga penampilan bela diri dari anak-anak yang lucu. Masih terkesan malu-malu, dan berulang kali melirik kami selaku tamu. 

Al-fattah sendiri merupakan kepunyaan LDII, bagi yang belum pernah mendengarnya, LDII merupakan salah satu organisasi massa islam yang banyak dianut oleh masyarakat Indonesia. Biasanya orang-orang LDII tidak mengizinkan orang diluar organisasi mereka untuk menginjak masjid dan rumah mereka, karna yang saya lihat mereka sangat mengutamakan kesucian. Meski terkadang beberapa di antara mereka terkesan berlebihan hingga membuat orang lain berpikir yang tidak-tidak. Seperti temanku sendiri yang pernah membantu mengangkat jemuran tetangganya yang LDII karna hendak hujan, tidak lama sipemiliknya mencuci lagi. Ya sebegitunya kadang, dan itulah yang kadang juga membuat orang diluar organisasi mereka kesal.

Berbeda dengan Al-fattah ini, mereka tidak seperti LDII kebanyakan atau entahlah jujur saja aku juga tidak terlalu paham tentang organisasi mereka. Mereka mengizinkan kami untuk bergabung di Masjid mereka, tidak menjaga jarak, dan bersosialisasi seperti masyarakat pada umumnya. Meski jelas saja beberapa hal mereka batasi, ada beberapa pertemuan sebelum kami datang yang tidak boleh kami ikuti. 

Jujur saja aku bukan tipe orang yang suka berkomentar akan suatu hal, tapi aku ingin belajar beropini. Terkadang sikap membatasi yang berlebihan suatu kelompoklah yang membuat mereka sendiri terasingkan. Seperti anak-anak lembaga dakwah di kampus yang sebagian besar berkerudung panjang, terlalu menutup diri bergaul untuk perempuan yang mengenakan kerudung biasa saja. 

Baiklah tidak semua, tapi setidaknya banyak. Aku memang sempat bergabung dan itu yang aku lihat. Barangkali yang membuat mereka jauh bukan karna orang-orang yang tidak berpakaian syar'i mengkotakan mereka, tapi mereka sendiri yang menganggap bahwa orang lain tidak sejalan dengan mereka. 

Itu hanya contoh, aku juga tidak suka membanding-bandingkan satu organisasi dengan organisasi lainnya. Setiap orang LDII ada yang baik dan buruk, orang Muhammadiyah juga, dan NU juga begitu. Jika kamu memilih suatu organisasi hakmu, tapi menyalahkan tanpa pernah masuk di dalamnya bukanlah bagianmu.

Masuklah dulu dalam organisasi dan kamu mengetahui apakah yang kamu pikir tentang organisasi itu benar atau tidaknya. 

Related Posts:

1 Response to "#KKN29"

  1. numpang promote ya min ^^
    Ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete