Sejarah Guru Bimbingan dan Konseling

Selamat pagi, siang, atau malam. Semoga kita selalu selamat. :)

Kali ini saya ingin menulis tentang sejarah Bimbingan dan Konseling nih. Seperti yang kita tau bahwa setiap hal terbentuk dari sejarah. Memiliki alasan ketika dilahirkan menjadi bagian dari hidup. Tak terkecuali sebuah profesi, tentu hadir atas dasar pemenuhan akan kebutuhan. Ide besar menjadi seorang dokter lahir karna seseorang menginginkan kesehatan atau sebab tak ingin mengalami rasa sakit sebab penyakit, menjadi guru adalah alasan agar lahir generasi yang cerdas dari proses belajar yang terarah, pemusik hadir untuk mengisi kepenatan beban pikiran. Begitu juga profesi sebagai seorang konselor, yang lahir sebab adanya kebutuhan, permasalahan yang tidak hanya berkenaan masalah fisik tapi juga psikis.

Konselor, praktisi konseling, guru BK, atau psikolog sekolah merupakan profesi yang tentu lahir dari sebuah sejarah. Kali pertama muncul istilah bimbingan dipelopori oleh Frank Parson yang selanjutnya dikenal sebagai Father of Guidance pada abad ke-20 di Amerika, dengan didirikannya Vocational Bureau tahun 1908.

Frank menekankan bahwa setiap individu berhak mendapatkan pertolongan agar mampu memahami serta mengenali kelemahan dan kekuatan dirinya. Namun orang yang pertama kali menerapkan suatu program bimbingan sistematis di sekolah umum yaitu Jesse B. Davis, seorang konselor kelas pada Central High School di Detroit, Michigan. Serta, konselor vokasional dan pendiidkan anak pada kelas XI. Davis juga merupakan seorang kepala sekolah di Grand Rapids, Michigan pada 1907 dan posisinya menjadi langkah baginya untuk menerapkan bimbingan konseling di sekolah. Hingga dilanjutkan oleh Frank Gooodwin pada tahun 1911 yang mengorganisasikan sistem program bimbingan dan konseling secara luas pada Cincinnati, Ohio School. Serta, Eli Weaver tahun 1980 mengorganisasikan bimbingan dan konseling di Kota besar New York dan meraih penghargaan nasional pada Boys High School of Brooklyn atas jasanya tersebut. Inilah usaha awal sehingga bimbingan dan konseling ditetapkan menjadi profesi.

Frank Parson yang disebut sebagai Father of Guidance, memiliki peran penting dalam perkembangan bimbingan dan konseling. Parson cenderung fokus pada pengembangan vokasional, mengembangkan sumber daya dan pelayanan pertumbuhan dan pengembangan manusia. Parson juga memberikan perhatian pada pemuda-pemuda untuk membantu mereka dari masa belajar ke dunia kerja.

National Vocational Guidance Association (NVGA) tahun 1913 merupakan organisasi profesi awal perkembangan gerakan bimbingan. Pada tahun 1952, NVGA bergabung dengan American Personnel and Guidance Association (APGA).

Sedangkan, sejarah bimbingan dan konseling di Indonesia tentu tidak terlepas dari negara asalnya, Amerika. Pada tahun 60-an ketika banyaknya pakar pendidikan Indonesia yang telah menyelesaikan studinya kembali ke Indonesia, tidak dapat dipungkiri bahwa dasar-dasar pemikiran Amerika telah dibawa, terutama mengenai pandangan bahwa anak didik memiliki potensi untuk berkembang secara  optimal. Meski pada hakikatnya, kegiatan bimbingan telah berkaitan erat dalam kehidupan dan perjuangan bangsa.

Sejak tahun 1975 bimbingan dan konseling di Indonesia telah mulai diperuntukkan bagi sekolah-sekolah, hal ini bertujuan agar peserta didik dapat berkembang secara optimal. Nah, jadi itulah awal mula kenapa adanya guru bimbingan dan konseling, yang meskipun ranah keilmuannya sama dengan psikolog tapi tetap memiliki peran yang berbeda. 

Dari sejarahnya pula dapat kita simpulkan, guru BK bukan polisi sekolah seperti stigma masyarakat kebanyakan. :)

Untukmu yang sedang menatap lekat kata, penulis yang baik adalah seorang pembaca. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat. 

Related Posts:

1 Response to "Sejarah Guru Bimbingan dan Konseling"

  1. numpang promote ya min ^^
    Ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete