Kreasi Memasak Bakso Sehat (Bakso Bonanza)



Hujan-hujan kaya gini enaknya makan bakso nih..

Duh panas banget bikin kepala puisng, yuk ah makan bakso yang pedes biar pusingnya ilang. 

Lapernih tapi males makan nasi, bakso aja gimana?

Bakso yang menurut sejarah kuliner nusantara telah masuk ke-Indonesia abad ke-17 ini memang cocok dalam segala situasi. Tak pernah tertelan oleh pergantian musim kemarau atau musim hujan. Sebab selain enak, harganya juga terjangkau. 

Tapi rasanya makin kesini, peminat bakso menjadi semakin menurun karna beredarnya bakso borax yang tentu tidak baik untuk kesehatan. 

Harga murah tapi banyak dan enak pasti baksonya tidak dibuat dengan benar. 

Setidaknya itulah anggapanku, atau barangkali anggapan kalian juga selama ini mengenai bakso atau makanan lainnya. Tapi nyatanya kalimat itu tidak selalu benar, terlebih setelah aku mengenal bakso bonanza. Bakso ini seolah-olah hadir menjawab keresahanku. 

Bakso yang terdiri dari 84% daging ini selain harganya terjangkau, juga tentu saja dibuat dari bahan berkualitas. Daging yang bakso bonanza gunakan berasal dari daging sapi milik peternakan sendiri yang lokasinya berada di Lampung Tengah. Selain itu bakso ini juga tanpa pengawet, jadi tak heran jika tidak bisa bertahan lama, hanya sekitar 6 bulan saja ya gaes karna memang dibuat dengan bahan-bahan yang sehat. Selain itu, tepung yang digunakan juga tidak hanya tepung terigu tapi juga tepung tapioka dan tepung jagung, mangkanya rasa baksonya maknyuss. Wah jadi tidak aneh jika label halal dari MUI telah melekat dikemasan Bakso Bonanza ini yaa. :)


Bakso Bonanza berlabel halal MUI


Gaes, selanjutnya karna proses pembuatannya yang sehat, bakso bonanza ini bisa dikonsumsi oleh semua kalangan ya gaes, baik tua maupun muda. Baik orang dewasa maupun balita.

Dede lucu ini lahap sekali makan bakso bonanzanya yaa. :)


Ohiya gaes, bakso bonanza ini juga bisa dikreasikan dengan berbagai makanan yaaa. Setidaknya ada 3 menu yang bisa kita buat dengan mudah saat di rumah. Beruntungnya, aku serta teman-teman tapis blogger berkesempatan mengikuti demo memasak bakso bonanza bersama Chef Gaby Darmaji, seorang Chef cantik bermata sipit. Sehingga aku bisa berbagi dengan kalian bagaimana cara memasak kreasi bakso bonanza ini. :)


Demo Memasak Bakso Bonanza



Berikut 3 menu Bakso Bonanza :

1. Bakso Goreng Crispy


Bahan :
Tepung, telur, bubuk paprika, gula dan garam.

Cara Membuat :




Pertama sediakan dua mangkuk, mangkuk pertama diisi dengan telur dan mangkuk kedua diisi dengan tepung. Maskuan bakso bonanza pertama kali pada telur, lalu baru masukan ke mangkuk yang berisi tepung. Telur digunakan sebagai perekat tepung pada bakso. Setelah itu, masukan bakso pada wadah di atas kompor yang berisi minyak panas yang telah panas. Tunggu hingga bakso berwarna kecoklatan, jika sudah tiriskan bakso dalam piring. Bakso goreng crispy siap disajikan. :)


2. Bakso Kuah


Bahan :
Kemiri, bawang bombay, daun bawang, bawang putih, bawang merah, merica, garam, dan daging.

Cara Membuat :






Pertama, siapkan seluruh bahan yang diperlukan. Lalu iris (bawang bombay, daun bawang, bawang putih, dan bawang merah), lalu masukan minyak sebanyak 2 sendok ke wadah yang telah disediakan. Setelah itu tunggu hingga minyak panas dan maasukan bawang bombay yang telah diiris. Tak lama masukan daging dan kemiri lalu diaduk.
Setelah merata, masukan satu liter air, bawang putih dan garam. Tunggu hingga air mendidih, baru masukan bakso ke dalam kuah. Bakso kuah bonanza pun siap dihidangkan. :)

Ohiya gaes, menurut Chef Gaby, alasan garam dimasukan terakhir bertujuan agar masakan tidak asin ya.


3. Bakso Bakar Keju


Bahan :
Keju, dan saus (sesuai selera).

Cara Membuat :
Pertama, tusuk bakso bonanza seperti membuat sate. Lalu siapkan saus, dalam demo memasak kemarin Chef Gaby menggunakan Saus Golgogi. Setelah itu, olehkan saus tersebut. Jika dirasa sudah coklat merata, tambahkan keju Mozarela agar bakso bakar lebih gurih lagi.




Itulah berbagai resep kreasi bakso bonanza. Gimana gaes, mudah bukan? Selain bahan yang tidak terlalu banyak, cara pengerjaan yang sederhana bukan. Jadi tunggu apalagi. Yuk masak bakso kreasimu dengan bakso bonanza. :)

Ohiyaa, jangan sampai ketinggalan promo menarik, dari bakso bonanza yaa. 








Untukmu yang menatap lekat kata, penulis yang baik adalah pembaca. 
Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat.

Related Posts:

3 Responses to "Kreasi Memasak Bakso Sehat (Bakso Bonanza)"

  1. Inget banget sama dedek lucunya yg berpipi gembil ... Seneng ya bisa ikut nyobain makan bakso uenak. Salam kenal mb

    ReplyDelete
  2. Senangnya..bakso emang kesukaan hampir semua orang. Apalagi bakso yang ini. Enak!

    ReplyDelete
  3. numpang promote ya min ^^
    Ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete