Pameran Poster, Cara Asyik Sampaikan Pesan Guru BK (SMPN 22 Bandar Lampung)

Selamat, siang atau malam. Semoga kita selalu selamat. 



Apa yang kamu pikirkan ketika pertama kali mendengar profesi Guru Bimbingan dan Konseling?

Iya, sebagian besar apalagi peserta didik akan mengatakan bahwa Guru BK adalah polisi sekolah. Asal mula sebutan tersebut, tentu saja berasal dari pengalaman sebagian banyak orang hingga menjadi label tersendiri yang melekat pada Guru BK hingga saat ini. 

Kemudian, taukah bahwa label polisi sekolah pada Guru BK disebabkan oleh beberapa hal. Di antaranya, banyak guru yang bukan jurusan BK mendadak jadi guru BK karna didesak kebutuhan sekolah yang tidak mau ambil pusing. Atau, fatalnya disebabkan karna lulusan BK sendiri yang tidak mumpuni dalam ilmu psikologi konseling terlebih dalam ranah pendidikan, hingga hanya tau menghukum anak-anak di sekolah ketika salah. Apalagi faktornya kalau bukan ketika kuliah kerjaannya hanya HA HA HI HI nongkrong dan jalan-jalan. 

Fenomena saat ini mendorong saya sebagai mahasiswi program studi bimbingan dan konseling bersama dua rekan saya Sofia Nur Fauziah dan Sri Dina Handayani yang sedang melakukan praktek pengamalan lapangan (PPL) di SMPN 22 Bandar Lampung di bawah bimbingan Bapak Okke Kriswidianto, S.Pd dan Ibu Dra. Anita Subiyanti, untuk merubah stigma tersebut dengan berbagai program. Satu di antara program yang kami galakan adalah pameran poster bimbingan dan konseling. 


Tema poster yang diusung adalah pribadi, sosial, belajar, dan karir yang merupakan materi bidang layanan bimbingan dan konseling. Tema tersebut juga merupakan sumber beberapa kasus yang kerap terjadi pada peserta didik. 

Antusias Peserta Didik SMPN 22 Bandar Lampung 
Melihat Poster yang Masih Proses Pemasangan

Poster yang dipamerkanpun merupakan hasil pembuatan tangan seluruh peserta didik setiap kelasnya, mulai dari kelas VII hingga kelas IX dengan total jumlah poster 77 buah. Berdasarkan tema yang telah kami tentukan, poster yang dibuat kebanyakan mengenai bullying, larangan menggunakan narkoba dan merokok, saring sebelum sharing, stop sebar hoax, karir serta berbagai poster lain yang selain berguna sebagai ajang kreativitas juga sebagai pemberian pemahaman yang menyenangkan kepada peserta didik.

Para Pemenang Lomba Poster BK

Dari 77 poster yang dipajang, hanya 3 terbaik yang menjadi juara dan 1 pemenang poster favorit yang akan mendapatkan piagam penghargaan dan mendapat hadiah yang telah disediakan panitia, namun seluruh peserta akan mendapatkan piagam partisipan sebagai wujud apresiasi karna telah berkontribusi atas terselenggaranya pameran poster ini. Pengumuman pemenang dilaksanakan pada hari senin, 11 november 2019 selepas pelaksanaan upacara bendera.

Proses Penjurian Oleh Guru Kesenian

Dalam proses penilaian kami melibatkan beberapa orang yang kompeten, hal ini dikarnakan  agar penilaian yang dihasilkan tidak subjektif. Kami juga meminta bantuan anggota osis untuk menentukan pilihan mereka, sebagai perwakilan dari peserta didik SMPN 22 Bandar Lampung. Selain itu juri juga berasal dari program studi BK karna mengingat beberapa aspek yang lebih dipahami oleh prodi kami, sebab ada beberapa hal yang membedakan poster BK dengan poster yang lainnya. Seperti ada beberapa poster yang tidak masuk dalam kriteria poster BK berdasarkan tema yang diangkat. 


Keseruan Pameran, Bu Guru PAI 
Selain Berpartisipasi Juga Ikut Selfi.

Kelas 7J, Mengirimkan 7 Poster Pada Acara Perlombaan Poster BK kali ini.

Harapan diselenggarakan pameran poster ini adalah sebagai ajang mengaktualisasikan potensi, mengembangkan kreativitas, dan menghasilakan peserta didik berprestasi tidak hanya dari segi akademik tapi juga non akademik. Serta sebagai upaya menyampaikan pesan guru bimbingan dan konseling pada seluruh peserta didik agar menjadi insan lebih baik. 


Team Pameran Poster Bimbingan dan Konseling.

Anggota PPL UIN RIL, Turut Andil Dalam Pameran Poster BK.




Untukmu yang menatap lekat kata, penulis yang baik adalah pembaca. 
Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat.

Related Posts:

13 Responses to "Pameran Poster, Cara Asyik Sampaikan Pesan Guru BK (SMPN 22 Bandar Lampung)"

  1. Mantap sekali idenya. Meski sederhana kegiatannya tapi menjadi salah satu edukasi yang baik, pelajar dapat mengembangkan imajinasinya dan menuangkan kreativitasnya melalui media gambar dan kondiri realita dalam kehidupan sehari hari. Moga saja kegiatan ini terus berkelanjutan. Aamiin

    ReplyDelete
  2. Kreatif banget

    Hasilnya keren, keren, saluttt ...

    ReplyDelete
  3. numpang promote ya min ^^
    Ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete
  4. seru buangeett ya Mba
    Semoga anak2 makin kreatif dan banyak ide/gagasan yg tertuangkan dgn adanya acara semacam ini

    ReplyDelete
  5. Acara yg seru dan bermafaat ya..
    Membuat anak lebih kreatif

    ReplyDelete
  6. Keren banget kak! Jadi inget pas SMP dulu jadi pengurus mading yang tiap minggu terima dan seleksi poster buat mading sekolah. Media penampung kreatifitas siswa yang bermanfaat banget

    ReplyDelete
  7. Aku setuju banget untuk sekolah yang menyaring kembali para guru dan staf pembimbing.
    Karena menurutku, guru BK itu penting banget.
    Dan beratnya, guru BK mesti memahami ilmu psikologi masing-masing anak. Makanya suka heran kalo ada sekolah yang guru BK nya bukan lulusan dari jurusan yang bersangkutan.
    Kompetensi dasarnya gak punya.

    ReplyDelete
  8. Wah bagusnya dengan ada pameran seperti ini, anak-anak diajarkan untuk kreatif juga yah. Selain itu, tentunya anak-anak juga semakin nyaman menjalankan peraturan di sekolah dengan kreatifitas begini.

    ReplyDelete
  9. Kalo melihat kegiatan sekolah dengan mengadakan lomba seperti ini, bikin teringat saat mendampingi anak-anak dulu. Dengan bakat yang mereka miliki, semoga menjadi keahlian yang bisa mengisi kegiatan di luar sekolah juga

    ReplyDelete
  10. Edukatif banget ya kak. Ini bisa sebagai ajang pembelajaran, juga untuk mengasah kreativitas seni anak2. Dan pesannya juga bakal le
    mudah diterima oleh anak2. Keren 😎👍



    ReplyDelete
  11. Wah event yang kreatif nih...Cara yang asik juga buat sosialisasi program BK ya...Karena selama ini BK tu kesannya menakutkan haha..

    dianesuryaman dot com

    ReplyDelete
  12. Wah keren..kreatif dan inovatif nih harusnya spt ini ya dikemas menarik5

    ReplyDelete