Dampak Positif Tiktok Bagi Kesehatan Psikologis
























Yukkata.com - Tiktok yang dimainkan sebagai hiburan ketika berkumpul bersama teman-teman, keluarga, atau bahkan dimainkan dalam suatu event tertentu ternyata memiliki banyak dampak positif tak terkecuali pada kesehatan mental kita loh.

Tiktok yang merupakan platform sosial video pendek yang dikorelasikan dengan musik, seperti halnya menari dan menyanyi melalui menghafal gerakannya memiliki dampak positif yang luar biasa.

Jika mengingat pro kontra tiktok diwaktu lalu, banyaknya pelanggaran yang dilakukan dalam aplikiasi tiktok seperti pelecahan agama dan pornografi disinyalir menjadi alasan tiktok sempat diblokir pada juli 2018.

Setelah diblokir untuk beberapa waktu, tiktok dibuka lagi selepas pembersihan konten dalam aplikasi tersebut dengan koordinasi bersama PPA dan KPAI.

Pemblokiran yang sempat dilakukan, seolah memicu persepsi kita bahwa tiktok hanya berdampak negatif pada masyarakat, terutama pengguna anak-anak.


Tiktok Lahir Kembali 


Padalah sekelas Gubernur seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Ridwan Kamil juga bermain tiktok setelah menerima tantangan dalam ulang tahun Najwa Shihab, menunjukkan bahwa tiktok seolah lahir kembali.

Hal ini tentu menjadi bukti bahwa selain bisa digunakan untuk semua kalangan, tiktok juga tidak hanya memiliki sisi negatif saja tapi memiliki banyak memiliki dampak positifnya.

Salah satunya dapat mencegah penyusutan ingatan di masa tua, hal ini berdasarkan penelitian The New England of Medicine.

Alasannya adalah gerakan menari salah satunya dalam tiktok mengubah kehilangan volume di bagian otak (hippocampus) yang mengontrol memori.

Selain itu, seperti yang disinggung di atas bahwa tiktok juga bermanfaat bagi kesehatan mental kita, berikut dampak positif tiktok:

Dampak Positif Tiktok Bagi Kesehatan Mental yang Tidak diketahui Orang Banyak


Menurunkan stres 

Tiktok berguna sebagai menghilangkan stres sebab gerakan dalam tiktok memicu endhorpin dilepaskan pada saat bermain tiktok tersebut.

Journal of Applied Gerontology menjabarkan tentang gerakan menari yang membuat endhorpin dan adrenalin berkolaborasi memicu rasa senang tak terkecuali ketika kita bermain tiktok.


Melawan Depresi 

Selain melakukan gerakan menari dalam tiktok bisa membuat kita sehat secara fisik, ternyata tiktok juga bisa membantu kita melawan depresi loh.

Eits tapi sebelumnya kalian tau gak sih, perbedaan depresi dan stres?

Jadi, depresi adalah termasuk dalam penyakit mental. Berpengaruh pada berbagai aspek kehidupan penderita, mulai dari selera makan, pola tidur, kesulitan berkonsentrasi, stamina tubuh, bahkan hingga perasaan dan suasana hati.

Sedangkan stres, merupakan reaksi tubuh pada saat individu merasa terancam atau dalam kondisi bahaya. Jadi stres hanya muncul dalam kondisi tertentu saja.

Gerakan menari diringi musik berdampak sebagai langkah melawan depresi karena beberapa hal, bisa berupa motivasi untuk dapat melakukan gerakan dengan baik berintak sebagai penghilang depresi.

Mengusir hal-hal negatif dan mengisinya dengan hal-hal positif seperti belajar menyelaraskan nada dan gerakan dalam platform tiktok.

Selain itu, perubahan sekecil apapun berdampak besar pada penderita depresi dan kegelisahan. Seperti misalnya perubahan detak dan gerak yang sinkron membuat penderita fokus pada hal lain yaitu nada dan gerak.


Menurunkan tingkat kecemasan 

Dalam sebuah penelitian dengan orang gangguan kecemasan, orang tersebut diberi pilihan ke beberapa tempat dan melakukan aktivitas tertentu untuk menurunkan kecemasannya.

Pilihan tempatnya yaitu kelas tari, kelas olahraga dan matematika. Nah berdasarkan penelitian tersebut, penurunan kecemasan ternyata signifikan terjadi sebab kelas menari.

Di era digitalisasi ini tiktok tentu bisa menjadi alternatif penurunan kecemasan, tak perlu kemana-mana selagi ada kuota dengan melakukan gerakan diiringi musik tiktok seseorang bisa meredakan
kecemasannya.


Menjadi problem solving 

Pentingnya problem solving dimiliki seseorang, hal ini disebabkan problem solving merupakan cara yang digunakan seseorang untuk mengatasi permasalahan seseorang dengan baik.

Tiktok yang selama ini kita anggap sebagai hiburan semata, ternyata bisa menjadi salah satu problem solving loh ketika kita penat menghadapi masalah.

Rasa senang yang hadir ketika bermain tiktok menjadi salah satu alasannya, sehingga kita bisa mengalihkan masalah kita dengan bermain tiktok.


Meningkatkan mood

Menurut penari profesional Jonathan Tilycki, yang memungkin kita melarikan diri dan melepaskan penat adalah gerakan tarian yang sangat ekspresif.

Tentu saja ini dilakukan orang-orang ketika bermain tiktok, penguasaan gerakan dan semangat akan membuat mood kita kembali baik.

Itulah beberapa manfaat bermain tiktok bagi kesehatan mental kita.


--Apapun yang hadir sesuai dengan peradaban kita, baik buruknya kita yang tentukan--

Related Posts:

0 Response to "Dampak Positif Tiktok Bagi Kesehatan Psikologis"

Post a Comment