Kegiatan yang Bisa Dilakukan Mahasiswa UIN Raden Intan Saat Pandemi Corona, Tetap Produktif Meski di Rumah Aja!


Yukkata.com-Ditetapkannya corona sebagai pandemi dunia oleh World Health Organization (WHO), ditanggapi cepat oleh Presiden Jokowi dengan mengeluarkan surat edaran yang berisi darurat virus corona covid-19.

Ternyata edaran tersebut tidak hanya dikeluarkan oleh kepala negara, tapi juga oleh para rektor di berbagai universitas.

Salah satunya Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung atau kerap disebut dengan green campus, yang UI Greenmetrik berada pada urutan ketiga se-Sumatera dan berada pada urutan pertama se-Lampung serta Se-Indonesia berdasarkan lingkup Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

UINRIL turut serta dalam pencegahan dan pengentasan virus corona dengan menunda wisuda periode pertama 2020 serta menghentikan berbagai aktivitas perkuliahan dengan memaksimalkan kuliah secara online atau e-learning.

Sebagai mahasiswa tentu akan jenuh rasanya selama dua pekan hanya belajar tanpa bertatap muka, apalagi sekedar presentasi melalui chat grup yang entah disimak atau tidak.

Tak bisa mendapat uang jajan, tidak bertemu teman, apalagi tidak bertemu si dia tentu rasanya terasa hampa.

Nah, untuk meminimalisir kejenuhan selama social distancing ini, berikut kegiatan yang bisa dilakukan mahasiswa UIN Raden Intan, kegiatan ini berkaitan dengan aktivitas perkuliahan juga loh!

1. Belajar Toefl

Salah satu persyatan untuk lulus dari UIN Raden Intan sendiri adalah tercapainya skor toefl dengan nilai minimal 400. Yaps, tidak ada tawar menawar meski skor kita 399.

Beberapa mahasiswa mungkin pernah merasakannya, hanya kurang satu-dua angka lalu mesti mengulang ujian. Rasanya, mungkin tidak beda jauh ditinggalkan ketika sayang-sayangnya.

Dizaman yang serba canggih, asal ada kuota dan teman atau keluarga yang bisa memberimu hotspot semua akan berjalan lebih baik bukan?

Beberapa chanel youtube yang bisa kamu kunjungi untuk belajar toefl yaitu, Belajar Bahasa Inggris Online, Rumah Cerdas Bahasa Inggris, Benpintar, dan lain-lain.

2. Menghafal Qur'an

Beberapa prodi mungkin sudah memulai PPI nya sejak semester awal, namun beberapa juga ada yang baru saja memulai menjelang penyusunan skripsi yaitu ketika semester enam atau tujuh.

Tentu kita tidak lupa bahwa salah satu persyaratan lulus PPI adalah tahfidz atau hafalan Qur'an yang setidaknya Juz 30.

Nah waktu 2 minggu ini bisa menjadi moment yang tepat untuk kamu menghafal loh!

Selain bisa mempersiapkan PPI kamu juga bisa lebih mendekatkan diri pada Allah SWT.

3.  Menulis Buku 

Salah satu lulusan terbaik bimbingan konseling yang juga sempat menjadi dosen di prodi BKPI Bapak Ashari Mahfudz, M.Pd pernah mengungkapkan bahwa salah satu tanggung jawab akademik adalah dengan menuliskannya.

Untuk mengisi kejenuhanmu selama social distaning dua pekan ini, kamu tentu bisa melakukan kegiatan ini.

Mengisi kekosongan sambil mempertanggung jawabkan ilmu yang pernah didapatkan.

Hasil karyamu selama dua pekan ini barangkali bisa terbit loh!

Terbit gratis menjadi buku cetak tanpa seleksi yang berbelit-belit? berikut penerbit yang pasti menerima naskahmu secara gratis!


4. Membuat Personal Blog 

Jika tidak yakin untuk menulis buku, membangun personal blog juga bisa jadi salah satu opsi.

Apasih kegunaan blog?

Selain sebagai buku diary online, blog bisa menjadi tempatmu menyimpan catatan materi selama perkuliahan. Berupa makalah, papper atau tugas lainnya.

Di blog kamu juga bisa menceritakan segala aktivitas perkuliahanmu, lama-lama barangkali kamu bisa jadi blogger profesional seperti Raditya Dika yang tentu kita kenali.

Atau seperti blogger-blogger kece kepunyaan Lampung sendiri seperti Naqiyyah Syam, Yoga Pratama atau kerap disebut begal cinta, Latifah Desti Lustikasari dengan blognya mantuidaman.com dan blogger lainnya, menarik bukan?

Kalau menurut kamu, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan selama social distancing ini?


Related Posts:

0 Response to "Kegiatan yang Bisa Dilakukan Mahasiswa UIN Raden Intan Saat Pandemi Corona, Tetap Produktif Meski di Rumah Aja!"

Post a Comment