Tertarik Pada Seseorang yang Cerdas? Bisa Jadi Kamu Seorang Sapiosexual!


Yukkata.com-Kriteria setiap orang terhadap lawan jenisnya tentu berbeda. Ada yang tertarik pada seseorang karna parasnya yang rupawan, ada yang karna caranya berkomunikasi, atau ada juga yang tertarik karna kecerdasannya atau dikenal dengan sapiosexual. 

Sapiosexual;Tertarik Pada Seseorang Karena Kecerdasan

Bicara mengenai kriteria terakhir yaitu sapiosexual, yang menurut bahasa latin berasal dari kata sapio yang berarti berpijak, dalam konteks evoluasi merujuk pada istilah homo sapiens yaitu manusia modern paling mutakhir. 

Sapiosexual diartikan dengan ketertarikan seseorang berdasarkan level kecerdasannya. Biasanya, orang-orang dengan orientasi seks seperti ini kerap melihat seksinya seseorang dengan cerdas atau tidaknya orang tersebut. 

Istilah sapiosexual sendiri, bukan merupakan hal baru. Hanya saja, memang sapiosexual baru dikenal akhir-akhir ini di media masa. Padahal, Wolfieboy yang merupakan anggota komunitas online global livejournal menggunakan istilah ini sejak 2002.

Baru pada 2014 OKCupid memasukkan istilah ini dalam daftar orientasi seksual, dan mengundang lebih dari 9.000 orang yang mengidentifikasi dirinya sendiri sebagai sapiosexual. 

Ciri-ciri Sapiosexual, apakah sesuai dengan diri kamu?

1. Memilih Perpustakaan Sebagai Tempat Kencan, dibanding dengan caffe atau bioskop

2. Kamu lebih tertarik dengan orang yang meminjam buku-bukumu dibandingkan orang yang sering bertanya "lagi apa?" atau "udah makan belum"

3. Seseorang yang menguasai bahasa asing, punya nilai tersendiri di matamu

4. Ketika kangen, yang kamu rindukan adalah saat berdiskusi dengannya

5. Kamu diam membaca buku dan menonton film-film yang ia sukai, kamu mengingat semua kalimat yang pernah ia sampaikan padamu

6. Kamu gak akan menyukai orang yang tidak bisa menjawab keresahanmu akan sesuatu, kamu membutuhkan orang yang bisa memberimu pengetahuan baru

7. Mengetahui pentingnya kecerdasan emosional, tidak hanya kecerdasan intelektual 

8. Suka didengarkan, hal ini selaras dengan sapiosexual yang suka berdiskusi. Ia juga suka bicara dan senang ketika dipahami

9. Seorang sapiosexual, terkesan lebih rendah hati. Ia tidak menyukai kesombongan, dan tidak tertarik orang yang penuh prestasi tapi dikemas dengan kesombongan


Itulah, ciri-ciri sapiosexual. Apakah sesuai dengan dirimu?

Namun bagaimanakah penjabaran ilmiah memandang sapiosexual. Apakah, sapiosexual termasuk dalam orientasi seks? Apakah menyukai seseorang karena kecerdasannya, hanya termasuk dalam fetish seseorang?

Sapiosexual, Apakah Termasuk dalam Orientasi Seks?


Samantha Allen dalam situs The Daily Beast mengemukakan bahwa sapiosexual kurang tepat jika disebut sebagai orientasi seksual. Ia mengutip definisi orientasi seksual dari The American Psychological Association (APA) yang mengungkapkan :

"Orientasi seksual merupakan pola emosi, ketertarikan lawan jenis akan bertahan lama. Menurut Allen, sapiosexual belum termasuk dalam kajian ilmiah orientasi seksual."

Menurut Allen, sapiosexual hanyalah pelabelan diri yang dilakukan seseorang untuk menciptakan citra diri. 

Kelseiy Steigman seorang editor dari seventeen tidak mengungkapkan mengenai hal yang sama, ia berpendapat bahwa sapiosexual merupakan campuran antara orientasi seksual dan fetish seseorang. 

Sedangkan mengenai sapiosexual, Raab berpendapat bahwa seseorang tersebut pada hakikatnya jatuh cinta pada pemikiran seseorang. Ia juga mengemukakan bahwa cara seseorang memandang hubungan terbentuk dari apa yang terjadi dengannya selama masa kecilnya.

Kalau menurut kamu, sapiosexual termasuk orientasi seksual  atau bukan? :)

Related Posts:

10 Responses to "Tertarik Pada Seseorang yang Cerdas? Bisa Jadi Kamu Seorang Sapiosexual!"

  1. aku sering naksir sm org pinter, tapi naksirnya krn dia ganteng, wkwkwk. dan itu bentar doang, liat dia ngupil langsung ilfil deh! orientasi macam apa itu!

    ReplyDelete
  2. Bentar saya ngitung dulu berapa banyak poin yang saya banget.

    Duhh ternyata banyak. Fix. saya Sapiosexual euy.
    *lanjut nongkrong di perpus* hehehe..

    Btw, poin ke. 9, Saya sih tidak sombang, cuma congkak doang, kadang-kadang..Hahahaha

    ReplyDelete
  3. Eh kok keren ya da aku baru tau loh,
    Makasih ya kak. Bermanfaat sekali 🥳

    ReplyDelete
  4. Wah..kayaknya saya banget ini hahah...Meskipun kalau tempat kencan sih gak harus di perpus juga sih...

    ReplyDelete
  5. Aku sampai bolak balik baca ciri cirinya. Jangan jangan aku masuk kategori ini. Inilah yang membuat seakan susah dapat pasangan

    ReplyDelete
  6. Sejauh ini masih biasa biasa aja gk masuk katagori ini hehee

    ReplyDelete
  7. Aku suka yang lebih pinter dari aku eheheh bener banget ini Kak. Tapi aku yang ga harus sempurna gitu sih. Masih dalam. Tahap wajar

    ReplyDelete
  8. Kadang yang asik dari orang yang lebih pinter itu...kalau diajakin ngobrol itu nyambung.
    Plus kalau ada masalah tuh...jalan pikirannya logis dan taktis.

    Jadi...makin terhanyut doonk~

    ReplyDelete
  9. Berbagai penjelasan mengenai Sapioisexual dulu sangat tertarik dengan orang cerdas dan kutu buku jadi main nya ya di perpustakaan aja. Tapi sekarang udah bergeser jauh hehe

    ReplyDelete
  10. apakah saya termasuk kategori ini? rasanya cowok yang cerdas itu sangat karismatik. sampai2 ngobrol berjam2 pun merupakan hal yang seru

    ReplyDelete