Thursday, April 1, 2021

Sering Overthinking Sebelum Tidur? Begini Cara Mengatasinya!

Ilustrasi Gambar Overthinking/Pexels/Daria Shevtsova

Yukkata.com - Mungkin kamu pernah ketika sudah siap untuk terlelap, pikiran negatif justru menghampirimu, mengitari kepala hingga membuatmu overthinking atau terlalu banyak berpikir dan tidak bisa tidur hingga pagi menjelang. 

Overthinking memang kerap dialami oleh banyak orang, memikirkan banyak hal spele seperti pendapat orang lain yang tak sejalan denganmu atau kesalahan-kesalahan kecil yang kamu buat pagi atau siang hari sebelumnya. 

Meski overthinking tidak selalu dikaitkan dengan hal negatif saja, tapi terlalu memikirkan hal-hal baik seperti rencana-rencana masa depan hingga mengganggu jam tidur tentu bukanlah hal yang baik.

Overthinking Dalam Ilmu Psikologi 

Overthinking secara definisi diartikan dengan seseorang yang terlalu banyak berpikir atau orang yang terobsesi akan suatu hal hingga berlarut-larut memikirkannya. 

Meskipun sudah familiar terdengar namun dilansir dari laman better help gangguan overthinking dalam ilmu psikologi sebenarnya tidak ada. Jika melihat gejala yang dialami orang-orang yang kerap overthinking hal tersebut berkaitan dengan gejala gangguan kecemasan. 

Meski begitu kita tidak bisa melabeli seseorang atau kamu sendiri melabeli dirimu sebagai penderita gangguan kecemasan hanya dengan membaca gejala, ciri dan tanda-tandanya melalui internet atau buku. Harus ada diagnosis langsung dari ahli, seperti misalnya psikolog.

Hal ini dikarenakan gangguan kecemasan juga memiliki banyak jenis, jadi jika kamu merasa overthinking sudah mengganggu kualitas hidupmu, tak perlu takut meminta bantuan pada psikolog atau jika kamu seorang pelajar bisa terlebih dahulu meminta bantuan guru BK atau konselor di sekolahmu ya. 

Apasih Dampak Overhinking?

Overthinking yang menyerang saat jam-jam sebelum tidur, selain berdampak pada kesehatan fisik juga bisa berpengaruh pada kondisi mentalmu juga lho!

Dampak dari overthinking cukup banyak, apalagi jika dialami secara terus-menerus. Seperti misalnya seseorang yang mengalami overthinking cenderung membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain. Merasa kurang atas segala yang ia miliki. 

Selain itu, overthinking bisa membangkitkan ingatan pedih dimasa lalu seperti kegagalan yang dialami dan tidak bisa diatasi pada saat itu. Atau trauma yang pernah dialami seperti misalnya pelecehan atau kekerasan. 

Dampak lainnya dari overthinking adalah seseorang menjadi sulit mengatur emosi, merasa khawatir berlebihan, mengalami penuruan produktivitas dan masih banyak lagi. 

Jika tidak diatasi dengan segera, tentu overthinking ini bisa berdampak serius. Untuk itu, jika kamu merasa mengalami overthinking terutama ketika sebelum tidur.

Sebagai langkah pertama sebelum kamu menemui psikolog atau konselor kamu dapat mencoba hal-hal berikut ini untuk mengurangi overthinkingmu. Simak selengkapnya sebagai berikut!

Cara Mengatasi Overthinking Sebelum Tidur 

Ketika overthinking menyerangmu sebelum tidur, jangan terbuai dengan pikiran tersebut dengan semakin mendramatisasinya, kamu bisa mencoba cara-cara berikut ini untuk menenangkan pikiranmu dan bisa tidur dengan nyaman.

Cari Tahu Penyebab Overthinking

Ketika mengalami overthinking, cobalah untuk merenung sejenak. Cari tahu penyebab kenapa kamu bisa mengalami hal tersebut.

Dengan mengetahui akar masalahnya, seseorang akan cenderung lebih mudah menyelesaikan permasalahannya. 

Penyebab overthinking tentu beragam, sesuai dengan apa yang seseorang alami. Ada saja yang mengalami overthinking karna sebelum tidur bermain sosial media.

Baca Juga: Tertarik Pada Seseorang yang Cerdas, Bisa Jadi Kamu Seorang Sapiosexual!

Foto kehidupan orang lain yang telah dikemas apik sebelum diposting tidak jarang membuat seseorang mulai membandingkan diri dan memicu pemikiran lainnya untuk datang. 

Ada juga yang overthinking sebab obsesi terhadap harapan, rencana atau target yang sangat seseorang inginkan terealisasi hingga berlarut-larut memikirkannya. 

Banyak pemicunya, tentu setiap orang akan berbeda.

Tarik Napas dengan Benar

Sadarkah kamu bahwa terlalu banyak manusia yang tidak memahami cara bernapas dengan baik untuk menenangkan mereka. 

Padahal, caranya sederhana saja. Kita hanya perlu menarik napas dari hidung, diamkan sejenak beberapa detik lalu menghembuskannya dari mulut. 

Ulang perlahan, lakukan dengan nyaman ini bisa membuatmu lebih tenang apalagi saat kamu mengalami overthinking.

Saat seseorang mengalami overthinking, tentu otot akan sedikit menegang sehingga membuat kepala pusing. Menarik napas dengan baik tentu dapat membuat tubuh terasa relaks. 

Ucapkan Kalimat Afirmasi 

Kalimat afirmasi merupakan pernyataan positif yang kamu ucapkan untuk dirimu sendiri, ketika overthinking menjalar di pikiranmu.

Sebab overthinking memang cenderung dipenuhi pikiran negatif, jadi katakan pada dirimu sendiri kalimat yang bisa membuatmu menjauh dari pikiran yang mengganggu.

Seperti misalnya ...

Gapapa, aku sudah melakukan yang terbaik.

Gak masalah kok melakukan kesalahan, kan bisa dicoba lagi besok. 

Aku yakin, aku pasti bisa melewati semua ini dengan baik. 

Serta kalimat positif lainnya yang memang relate dengan overthinking yang kamu alami. Ucapkan dengan suara, jangan hanya dalam hati. Telinga dan otak kita akan mencernanya dengan mudah ketika kita melafalkannya. 

Lakukan Aktivitas Lain 

Jika menarik napas dan mengucapkan kalimat afirmasi tak membantumu mengalihkan diri dari overthinking, maka kamu bisa melakukan aktivitas lain terlebih dahulu untuk meregangkan otot dan pikiran.

Baca Juga: 7 Pekerjaan yang Cocok untuk Kaum Rebahan!

Kamu bisa membaca buku seperti novel genre kesukaanmu, bermain games, bertukar pikiran dengan seseorang melalui ponsel, menggambar, membuka aplikasi-aplikasi self healing yang telah banyak tersedia di playstore atau melakukan apapun aktivitas yang kamu senangi. 

Jika pikiranmu sudah mulai tenang, kembalilah ke atas tempat tidurmu dan tidurlah dengan tenang. 

Berdoa

Bagi seseorang yang beragama tentu Tuhan adalah yang paling bisa diandalkan dalam kondisi apapun tak terkecuali saat overthinking melanda. 

Kamu bisa berdoa meminta ketenangan hati dan dijauhkan dari overthinking yang mengganggumu. Lakukan dengan yakin, doamu tentu akan diijabah.

Untuk yang beragama islam, bisa mengalihkan overthinking dengan membaca ayat Al-Qur'an atau berdzikir.

Semoga overthinkingmu segera mereda ya dan tidurmu bisa kembali nyenyak tanpa gangguan apapun lagi termasuk memikirkan hal-hal yang tidak perlu :)

17 comments:

  1. Pandemi ini bikin kondisi kehidupan makin ngga nyaman ya mba
    akupun sering overthinking setelah pandemi ini
    makasi tipsnya mba

    ReplyDelete
  2. Segala yang over itu enggak baik ya dampaknya. Terima kasih sudah berbagi tips untuk mengatasi ini.

    ReplyDelete
  3. Memang sih segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik buat kita. Apalagi kalau berlebihan dalam hal berpikir, tentu berdampak buruk juga buat kesehatan.

    ReplyDelete
  4. Duh kerenn sekalee tulisannya 🤗😎💃
    Buat aku yang suka Overthingking huhuhu 🤣

    Dengan Tulisan ini mba membantu orang-orang untuk mengatasi penderitaannya terkait Overthingking 😎

    ReplyDelete
  5. Hal sepele dibikin mikir keras malah ganggu aktivitas, lebih baik melakukan aktivitas lain dan tetap berdoa untuk segala permasalahan yang dihadapi

    ReplyDelete
  6. Kalau saya suka overthinking tentang anak-anak, belum bisa ini belum bisa itu padahal anak lain udah bisa. Trus juga cemas dengan masa depan mereka kelak apakah bisa lebih baik dari saya.

    ReplyDelete
  7. baru saja kemarin badrest karena salah satu penyebanya overthngkin ini. HArus bisa keluar dari pikiranpikiran yang menyulitakan itu

    ReplyDelete
  8. bagus banget sarannya

    sering banget orang bingung tanpa tahu apa yang terjadi padanya

    padahal jika mau introspeksi, pasti akan menemukan solusi

    ReplyDelete
  9. Beberapa waktu lalu aku sering Overthinking apalagi pas mau tidur. Akhirnya cape sendiri karena jadi mudah stres. Merapal doa itu yang terbaik. Atau lakukan kegiatan lain sampai benar-benar ngantuk sehingga cepat tidur

    ReplyDelete
  10. Bener banget nih salah satu hal yang saya lakukan kalau sblm tidur banyak pikiran, berdoa banyak2 dan melupakan hal2 buruk yang terjadi

    ReplyDelete
  11. wah iya, aku klo tidur seringnya mikirin ini itu, ternyata nggak baik buat kesehatan ya mbak, makasih ya tipsnya

    ReplyDelete
  12. Saya biar gak overthinking, nengok video2 lucu.. jd gak ngantuk malah 🤣

    ReplyDelete
  13. kadang memang ada masanya ya, kita mengalami kecemasan berlebihan. kayak aku kemarin sempat kepikiran banget soal anak-anak takut banget nggak bisa jadi ibu yang baik buat mereka. alhamdulillah sekarang sih sudah agak berkurang kecemasannya

    ReplyDelete
  14. bener banget sekarang jadi sering overthnking sbelum tidur. makasih tipsnya kak

    ReplyDelete
  15. Aku sebenarnya dua tahun belakangan sering merasa overthingking. Ada satu dan lain hal yang cukup mengganggu.

    Btw, terimakasih informasinya kak.

    ReplyDelete
  16. membuka aplikasi sosmed sebelum tidur memang terbukti sering banget sih buat overthinking, aku salah satu. istirahat dan jiwa jadi nggak tenang.tipsnya juga relate banget. memang kita harus punya kegiatan atau aktivitas lain yang lebih produktif untuk mencegah hal itu terjadi

    ReplyDelete
  17. Saya sering mengalami overthinking kalau besoknya mau bepergian di waktu yang pagi banget, seringnya takut bangun kesiangan sehingga malah gak bisa tidur

    ReplyDelete